tag:blogger.com,1999:blog-61169763554592246622024-03-13T12:04:19.515-07:00BELAJAR USUL FIQIHRizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.comBlogger30125tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-49432617056924897802011-04-15T06:45:00.000-07:002011-10-28T17:36:10.551-07:00DIANTARA DOSA HATIتنفيذ العصيان عن ظهر قلب بشرية كبيرة
ليست الخطيئة خطيئة أنه يقتصر على الأفعال ، الأفعال الخارج ، كما يرى هؤلاء كثيرة ، ولكن خطيئة العصيان تلتزم أكبر وأكثر خطورة من قبل الكبد البشرية.
الأعمال التي يقوم بها قلب الإنسان هو أكبر وأكثر انتشارا من الأفعال التي يقوم بها أعضاء من جسده. وبالمثل العصيان التي يقوم بها الكبد البشري هو أيضا أعظم إثما وأكبر الأخطار.
آدم والعصيان العصيان DEVIL
وقد ذكر Rizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-76560075912654646482011-04-15T04:25:00.000-07:002011-10-28T17:39:57.505-07:00BEDA KUFUR, MUSYRIK DAN MUNAFIQالتمييز بين الكفر والشرك ، KEMUNAFIQAN والكبيرة والصغيرة
شيء واحد مهم جدا هنا هو القدرة على تمييز مستويات الكفر والشرك ، وkemunafiqan. أي شكل من أشكال الكفر والشرك وkemunafiqan هناك الرتب.
ومع ذلك ، ذكر الكفر النصوص الدينية ، والشرك ، وkemunafiqan فقط في فترة واحدة ، وهي العصيان ، ولا سيما عن الخطايا الكبيرة. يجب علينا أن نعرف أن استخدام هذه المصطلحات حتى لا نخلط خلط بين المصطلحات المختلفة ، Rizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-32547213838119053142011-04-15T04:18:00.000-07:002011-04-15T04:21:20.631-07:00MAKRUHMAKRUH BAGIAN paling rendah dalam rangkaian perkara-perkara yang dilarang adalah perkara makruh; yaitu makruh tanzihi. Sebagaimana diketahui, makruh ini ada dua macam; makruh tahrimi dan makruh tanzihi. Makruh tahrimi ialah perkaramakruh yang lebih dekat kepada haram; sedangkan makruh tanzihi ialah yang lebih dekat kepada halal. Dan itulah yang dimaksudkan Rizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-43054205094966051802011-04-15T04:02:00.000-07:002011-04-15T04:11:58.802-07:00SUBHATSYUBHAT SETELAH tingkatan perkara-perkara kecil yang diharamkan, maka di bawahnya adalah syubhat. Yaitu perkara yang tidak diketahui hukumnya oleh orang banyak, yang masih samar-samar kehalalan maupun keharamannya. Perkara ini sama sekali berbeda dengan perkara yang sudah sangat jelas pengharamannya. Oleh sebab itu, orang yang memiliki kemampuan untuk berijtihad, kemudian dia Rizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-18103152106994264422011-04-15T03:47:00.000-07:002011-07-16T04:09:49.274-07:00CATATAN BID'AHBID'AH DALAM AQIDAH SEBAGAI tambahan penjelasan bagi kemaksiatan, dalam syariahagama ini kita mengenal apa yang disebut dengan bid'ah. Yaitusesuatu yang diada-adakan oleh manusia dalam urusan agama.Baik bid'ah yang berkaitan dengan aqidah yang dinamakan denganbid'ah ucapan, maupun bid'ah yang berkaitan dengan amalan. Bid'ah-bid'ah ini merupakan salah satu jenis perkara yangdiharamkanRizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-2451047534930810802011-04-02T14:20:00.001-07:002011-04-02T14:20:22.138-07:00AdatAdatRizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-78573577271625383612011-04-02T14:17:00.000-07:002011-04-02T14:18:23.759-07:00Akal/AqliAkal/AqliRizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-16734423422449643922011-04-02T14:12:00.000-07:002011-07-16T04:01:55.759-07:00Aboute Syara'Tentang Adillah al-Ahkam Asyar’iyahAl-Adillah jamak dari dalil, ia secara Bahasa : Sesuatu yang menunjukkan pada yangdicari. Secara Istilah : Sesuatu yang diambil faidah darinya hukum-hukum syar’i yang ‘ilmiyah, dengan carakoth’i atau-pundzon.Al-Adillah : Ia adalah Al-Kitab, as-Sunnah, Ijma’, dan qiyas. Ini merupakan dalil-dalil yang disepakati kebanyakan (jumhur) muslimin. Adapun al-Istihab, Rizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-69662495584604847442011-04-02T13:59:00.000-07:002011-07-16T04:02:36.179-07:00Al-KitabAl-Kitab merupakan perkataan Alloh Ta’ala yang diturunkan atas Rosul-Nya Nabi Muhammad SAW , yang dimulai dengan surat Al-Fatihah dan diakhiri dengan surat an-nas.Diantara Kekhususannya :1. Al-Qur'an merupakan perkataan Alloh Ta’ala; Lafadz dan maknanya, seluruhnya.2. Al-Qur'an diturunkan dengan lisan arob yang jelas.3. Membacanya merupakan ibadah, di dalam sholat dan pada seliannya.4. Al-Qur'an Rizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-75534950581739584512011-04-02T13:40:00.000-07:002011-07-16T04:04:23.357-07:00As-SunnahAs-Sunnah adalah perkataan nabi sholaoohu ‘alaihi wassallam, perbuatan dan persetujuannya.Adapun perkataannya Rosululloh sholallohu ‘alaihi wassallam; Jika perkataan yang shorih maka ia marfu’ secara hakikat atau di dalamnya terdapat maknaal-qaul, seperti qoul (perkataan) sahabat : “Rosululloh sholallohu ‘alaihi wassallam telah memerintahkan demikian atau perkataan : Beliau melarang dari demikianRizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-18818833876073978822011-04-02T13:32:00.000-07:002011-07-16T04:04:59.165-07:00IjmaIjma adalah kesepakatan para ahli ijtihad setelah wafatnya sholallohu ‘alaihi wa sallam disuatu zaman dari zaman-zaman, atas suatu hukum syar’i.Ijma terbagi ditinjau dari dzatnya kepada dua macam, yaitu;1. Al-qauliy : Setiap masing-masing mujtahid (ahli ijtihad) mengungkapkan pendapatnya di dalam suatu masalah. Ini jika memang didapatkan maka ia hujjah yang pasti tanpa perselisihan.2. As-sukuti :Rizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-55971223917824943382011-04-02T13:22:00.000-07:002011-07-16T04:07:50.059-07:00QiyasQias adalah menyertakan cabang kepada asal (pokok), karena alasan yang menyatukan antara keduanya.Ia merupakan cara ijtihad yang berdiri di atas nas-nas al-Kitab dan as-Sunnah. Tidaklah berpaling kepada qias (baca : tidaklah menggunakan kias) kecuali jika tidak didapatkan nas. Tidak ada nilai bagi qias yang ‘menghantam’ nas atau ijma’.Tata cara qias : Hendaknya syari’ menyebutkan atas suatu hukumRizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-5386932823456387132011-04-02T13:15:00.000-07:002011-07-16T04:06:28.788-07:00Madzhab ShohabatMadzhab SahabatSahabat adalah orang-orang yang berkumpul dengan Rosululloh sholallohu ‘alaihi wasallam dalam keadaan mu’min dan meninggal dalam keadaan demikian.Yang dimaksud dengan madzhabnya adalah : Perkataan dan pendapatnya, di dalammasalah-masalah yang tidak ada nas dari al-Kitab atau as-Sunnah. Perbuatan danpersetujuan (mereka) termasuk pada madzhab sahabat.Baginya tiga bentuk :1.Bentuk Rizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-75419310976843671072011-04-02T12:59:00.000-07:002011-07-16T04:05:34.850-07:00Al-IstishabAl-IstishabSecara bahasa\etimologi : Meminta teman dan kelangsungannya.Secara istilah\terminologi : Membiarkan suatu penetapan selama hal tersebut tetap atau membiarkan penafian sesuatu selama hal tersebut dinafikan.Ia memiliki tiga bentuk, seluruhnya hujjah :1.Istishab baroatul ashliyah (tetapnya hukum asal) sehingga ada sesuatu yang memindahkan dari hukum asalnya. Inilah yang dimaksud dengan Rizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-16962046132527616912011-04-02T12:55:00.000-07:002011-07-16T04:08:25.954-07:00Syaru' Man QoblanaSyaru' Man Qoblana atau Syari’at sebelum kita :Yang dimaksud dengannya adalah : Hukum-hukum yang Alloh Ta’ala telahmensyari’atkannya kepada umat yang terdahulu, melalui lisan para rosul-Nya kepadamereka. Sesuatu yang termaktub di dalam taurot, injil dan selain keduanya. Ia ada empat macam :Pertama : Hukum-hukum yang telah disyari’atkan kepada umat-umat sebelum kita,kemudian al-Kitab dan as-SunnahRizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-9730537232657483222011-04-02T12:49:00.000-07:002011-07-16T04:07:09.224-07:00Al Masholih Al MursalahAl Masholih Al MursalahIa jamak dari maslahat : Yaitu : Mendatangkan manfa’at atau menolak bahaya.Al-Mursalah : Suatu kemutlakan yang syari’at tidak membatasinya, dengan anggapanterjadi\sah atau pun dengan batal.Al-masholih ada tiga macam :1.Sesuatu maslahat yang syara mempersaksikan denganterjadi\terlaksananya,dengan dalil tertentu dari nas, ijma’ atau pun qias. Maka ini dianggap Rizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-14933404935188356052011-04-02T12:40:00.000-07:002011-07-16T04:09:01.218-07:00Al-Ur'fAl-’UrfIa adalah sesuatu yang digarisakan manusia dan mereka menjadikannya sutau kebiasaan,berupa perkataan dan perbuatan.Al-’urf semakna dengan adat (kebiasaan), kecuali secara bahasa adat memiliki maknalebih umum daripada ‘urf. Karena penggunaan adatmeliputi kebiasaan perorangan danmasyarakat, adapun ‘urf dikhususkan untuk suatu kelompok masyarakat.ada dua macam :1.‘Urf Sahih : Ia adalah ‘urf Rizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-64241137132895915862011-04-02T11:58:00.001-07:002011-04-02T11:58:44.915-07:00KemuliaanKemulian Usul Fiqih:Kemuliannya : Ia adalah ilmu yang mulia dikarenakan kemuliaan pembahasannya, iaadalah suatu ilmu yang dengannya diketahui tentang hukum-hukum Alloh Ta’ala yang mewariskan keberhasilan dan kebahagian di dua negeri (dunia dan akhirat).Rizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-3711041495305211902011-04-02T11:56:00.001-07:002011-04-02T11:56:56.401-07:00Mas'alahMasalah-masah Usul Fiqih:Masalah-masalahnya : Ia adalah meliputi pembahasan yang dengannya seorangmujtahid bisa mengambil faidah dan kesimpulan hukum-hukum syar’iyah.Rizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-29081891268750315432011-04-02T11:50:00.000-07:002011-04-02T11:51:13.189-07:00Hubunganhubungan ilmu Usul Fiqih Dengan Yang lainnya:Kaitannya dengan ilmu yang lainnya : Kedudukannya dari ilmu-ilmu yang lainnya; Iamerupakan bagian dari ilmu-ilmu syar’iyah. Ilmu ini bagi ilmu fiqih seperti ‘ulumulhadits (mutholah al-hadits) bagi hadits dan seprti ushul an-nahwi bagi nahwu.Keutamannya : Seluruh dalil yang telah otentik tentang anjuran untuk komitmen didalam agama Alloh Ta’ala, maka Rizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-33223799631558924952011-04-01T17:35:00.000-07:002011-04-01T17:36:50.627-07:00KaidahKaidah Usul FiqihRizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-60988491630515180512011-04-01T17:34:00.001-07:002011-04-02T11:54:02.547-07:00Asal UsulAsal Usul Ilmu Usul FiqihPencetusnya : Imam Syafi’I -rihimahulloh-, demikian itu dengan menulis kitab (Ar-Risalah), ia merupakan kitab yang membahas ushul.Sandarannya : Maksudnya adalah sumber-sumbernya yang dibangun diatasnya kaidah-kaidah-nya :1. Penelitian terhadap nas-nas dari Al-Kitab dan As-Sunnah2. Atsar yang diriwayatkan dari sahabat dan tabi’in3. Bahasa Arab4. Kesepakatan as-Salaf Rizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-80817364107637979172011-04-01T17:33:00.002-07:002011-04-01T17:34:17.640-07:00Hikmah/FaidahHikmah/Faidah mempelajari Usul FiqihRizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-36054114949878411722011-04-01T17:33:00.001-07:002011-04-01T17:33:40.962-07:00KegunaanKegunaan belajar Usul FiqihRizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6116976355459224662.post-19358012395123162362011-04-01T17:32:00.002-07:002011-07-16T03:59:18.881-07:00Ilmu PenunjangIlmu Penunjang Usul FiqihKaitannya dengan ilmu yang lainnya : Kedudukannya dari ilmu-ilmu yang lainnya; Iamerupakan bagian dari ilmu-ilmu syar’iyah. Ilmu ini bagi ilmu fiqih seperti ‘ulumulhadits (mutholah al-hadits) bagi hadits dan seprti ushul an-nahwi bagi nahwu.Rizky Garuthttp://www.blogger.com/profile/00964913559499658317noreply@blogger.com0